KMNU UII Sukses Gelar SAKA 1 Jilid 2



KMNU UII Sukses Gelar SAKA 1 Jilid 2
Yogyakarta, KMNU UII Online
Ahad (6/3), Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama Universitas Islam Indonesia (KMNU UII) sukses mengadakan “Sekolah Kader Aswaja (SAKA) 1” . Sebenarnya SAKA 1 ini telah dilaksanakan sebelumnya pada 19-20 Desember 2015 yang berlangsung di Pondok Pesantren Sirojul Ummah, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Karena dirasa kurang maksimal maka dibutuhkan SAKA kembali yang disebut dengan SAKA 1 Jilid 2. Di SAKA 1 Jilid 2 ini alhamdulillah telah berlangsung sukses dan lancar kemarin pada tanggal 6 Maret 2016 di Pondok Pesantren Ki Ageng Giring, Sleman, Yogyakarta. SAKA 1 Jilid 2 ini diikuti oleh 25 kader baru KMNU UII yang tersebar dari beberapa angkatan 2013, 2014, dan 2015. Menurut Ahmad Ulin Nuha selaku wakil ketua KMNU UII pada sambutannya beliau mengharapkan peserta SAKA yang datang ini dengan niat tidak karena terpaksa dan niat ikhlas ingin melanjutkan dakwah para ulama khususnya para pendiri Nahdlatul Ulama. Beliau juga mengajak para peserta selepas acara bisa bersama-sama melestarikan tradisi dan mengabdi pada umat lewat KMNU seperti yang dicita-citakan oleh Nahdlatul Ulama sebagai organisasi kemasyarakatan.

Terkait materi pada SAKA ini sama seperti materi di SAKA sebelumnya yaitu tentang ke-ASWAJA-an, ke-NU-an, analisa diri, ke-KMNU-an, dan gerakan mahasiswa.
Pada materi ke-ASWAJA-an disampaikan oleh mbak Widiaturrahmi. Beliau menjelaskan apa itu aswaja dan implementasinya di masyarakat. Pada materi ini peserta banyak yang mengajak diskusi seputar ke-ASWAJA-an terutama banyak bermunculan pertanyaan-pertanyaan yang berbau perbedaan yang sering terjadi di masyarakat, misalnya seperti qunut dalam sholat, pelaksanaan amalan-amalan NU yang sering dibida'hkan, dll.

Kemudian materi kedua yaitu tentang ke-NU-an yang pada kesempatan ini dipandu oleh dewan Syuriah KMNU UII sekaligus MPO KMNU Pusat yaitu Ahmad Nur Shobah, S.HI. beliau menjelaskan mulai dasar sekali mengapa ada NU, mengapa NU itu harus ada, dan mengapa kita sering naik turun semangatnya dalam ber NU. Banyak sekali yang dapat diambil dalam materi yang disampaikan oleh beliau salah satunya yang paling penting adalah tentang manusia itu terjadi dari jasmani dan ruhani. Jasmani merupakan komponen yang dibuat di dunia jadi hubungannya dengan manusia sedangkan ruhani merupakan komponen yang berhubungan dengan Allah sebagai yang Maha Pencipta dan diciptakan sebelum jasmani ada. Kemudian beliau menambahkan dengan adanya NU menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang mampu mempertahankan ke-ASWAJAN-nya dengan prinsip moderat tidak condong kekanan dan kekiri. Maka tidak heran jika banyak aliran yang bermacam-macam masuk ke Indonesia.

Lalu, materi ketiga yaitu tentang analisa diri. Dalam kesempatan ini dipandu oleh juga salah satu dewan syuriah KMNU UII sekaligus dosen di salah satu fakultas di UII yaitu Akhda Najmu Tsakib. Dalam materinya beliau menjelaskan tentang bagaimana cara kita menganalisa diri kita sehingga kita dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan kita sehingga kita dapat menerapkannya dalam ber NU.
Yang terakhir yaitu materi tentang ke-KMNU-an dan gerakan mahasiswa. Dalam hal ini dipandu oleh ketua umum KMNU UII yaitu Mazdan Maftukha. Beliau menjelaskan apa itu KMNU dan mengapa ada KMNU serta mengapa Mahasiswa harus punya gerakan lewat KMNU.

Di akhir acara diakhiri dengan pengukuhan terhadap peserta SAKA oleh ketua umum KMNU UII. Pengukuhan ini bertujuan agar peserta yang mengikuti SAKA ini benar-benar akan mengabdi di NU lewat KMNU serta telah lulus SAKA 1 KMNU UII. (Ahmed)
Share on Google Plus

About Redaktur KMNU UII

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan beri komentar untuk postingan KMNU UII