Kajian I’anatun Nisa’ #01 Muqaddimah

Kajian I’anatun Nisa’ #01 Muqaddimah
Oleh : Abdul Hamid

Dengan menyebut asma Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, tuhan seru sekalian alam. Dengan-Nya lah kita meminta pertolongan atas urusan-urusan dunia dan agama. Dan kami bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah yang Esa tanpa persekutuan bagi-Nya, dan kami bersaksi bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad saw adalah hamba dan utusan-Nya. Sungguh, tidak ada kuasa dan kekuatan kecuali Allah yang Maha Agung dan Tinggi.

Kitab ini bernama I’anatun Nisa’ yang artinya pertolongan (bagi) para wanita. Kitab ini disusun oleh Muhammad bin Abdul Qodir Bafaadhili. Kitab ini menjelaskan tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan haid, nifas, istihadhoh, dan hal-hal lain yang sangat penting untuk dimengerti oleh para wanita baik muda maupun tua.

Haid, nifas, dan istihadhoh merupakan tiga hal yang ditetapkan hanya dialami oleh kaum wanita, untuk itu para wanita wajib mempelajari ketiga hal tersebut. Pada zaman sekarang ini, banyak kaum wanita yang masih sedikit pengetahuannya pada tiga hal yang dialami oleh mereka sendiri. Kaum wanita sering kali dibingungkan dengan problematika-problematika tentang haid, nifas, dan istihadhoh dalam keseharian.

Bagi seorang wanita, mempelajari haid, nifas, dan istihadhoh adalah fardlu ‘ain. Oleh karena itu, wanita wajib menuntut ilmu tentang hukum-hukum haid, nifas, dan istihadhoh, sedangkan bagi laki-laki diharamkan mencegah keluarnya seorang wanita yang bertujuan menuntut ilmu tadi sekiranya laki-laki tersebut tidak mampu mengajarkan padanya perihal haid, nifas dan istihadhoh. Adapun jika laki-laki mampu mengajarkan pada wanita masalah dan hukum hadi, nifas, dan istihadhoh, maka diwajibkan atas lelaki tersebut untuk mengajarkannya.

Dalam kitab ini akan dicantumkan sebagian ‘ibaroh-ibaroh’ (perumpamaan-red) yang diambil hukumnya dalam permasalahan yang dibahas. Sebagaimana arti dari namanya, kitab ini disusun untuk memberikan pertolongan pada para wanita dalam memahami masalah-masalah haid, nifas, istihadhoh dan problematika kewanitaan lainnya. Semoga kitab ini bermanfaat untuk kita semua di dunia dan akhirat, menghantarkan kita pada derajat yang luhur di sisi Nabi Muhammad saw.

Source : Kalam Ulama 

editor : Ahmad Ulin Nuha
Share on Google Plus

About Redaktur KMNU UII

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan beri komentar untuk postingan KMNU UII