Kajian Taklim : Mencari Ilmu, Mencari Ridho Ilahi

KMNU UII Online – Beberapa mahasiswa sudah tampak memenuhi ruangan di selasar timur Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (Lab FK UII). Di tengah perhelatan Ujian Akhir Semester (UAS), mahasiswa ini masih menyempatkan untuk menghadiri kajian yang digelar oleh KMNU UII.

Sabtu (9/1), Divisi Kajian, Dakwah, dan Spiritual (Kadasi) KMNU UII menggelar Kajian Kitab Kuning yang berjudul Taklimul Muta’alim. Dengan semangat tahun baru, Divisi Kadasi mengundang Ustadz Choirul Hadi dari Rembang.

Kitab Taklimul Muta’alim meski merupakan kitab yang tipis tetapi merupakan kitab yang juga dipelajari oleh orang orientalis dalam hal ini adalah orang-orang Eropa. Alasan kuatnya adalah dalam kitab karangan Syaikh Zarnujy ini mengungkapkan konsep pendidikan yang sistematis dalam pendalaman ilmu. Hal inilah yang kemudian berdampak pada ghiroh belajar orang-orang Eropa yang tinggi.

Kehadiran Kitab Taklimul Muta’alim sendiri tidak dapat terlepas dari beberapa sebab yang melatarbelakanginya. Diungkapkan oleh Kang Hadi, bahwa Syaikh Zarnujy hidup semasa akhir kejayaan Bani Abbasiyyah, ditengah carut marut politik dan budaya. Secara tidak langsung, hal tersebut mempunyai pengaruh terhadap kitab karangan Syaikh Mushonif.

Kitab Taklimul Muta’alim mengajarkan bahwa mencari ilmu dengan kemudian melakukan tindakan mengamalan merupakan sebuah manifestasi dari kemanfaatan. Hal inilah yang kemudian diartikan sebagai sebuah jalan mencari Ridho Allah SWT. Diunggulkan oleh Syaikh Mushonif bila mempelajari ilmu merupakan salah satu jalan untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT. Secara eksplisit, diimplementasikan pada penggerakan manusia untuk selalu mengawalinya dengan niat.

Inna a’malu bin niyat. Sesungguhnya amal tersebut bergantung pada niat seseorang yang menjalani. Secara otomatis, apabila seseorang mengawali kegiatan belajar atau mencari ilmu dengan sebuah niat untuk beribadah kepada Allah SWT maka hal itulah yang menjadikan sebab dan musabab barokahnya ilmu pengetahuan. Penekanan itulah yang dikemukakan oleh Kang Hadi.

Silakan gabung dalam Majelis Kajian Kitab Taklimul Muta’alim bersama Kang Choirul Hadi setiap Sabtu pada minggu pertama dan ketiga di Selasar Lab FK UII. Ajak pula saudara, teman dan sahabat dalam majelis ilmu. Semoga Allah selalu memberikan kemudahan untuk dapat hadir.
Share on Google Plus

About Redaktur KMNU UII

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan beri komentar untuk postingan KMNU UII