SAKA: Masa Depan Nahdlatul Ulama Dimulai dari Sekarang


KMNU UII Online – Sekolah Kader Aswaja atau yang kemudian disingkat menjadi SAKA ini merupakan penjenjangan kader dari KMNU UII tingkat pertama. “SAKA dapat diartikan sebagai Saka Guru dalam bangunan arsitektur jawa, artinya kader aswaja merupakan tiang-tiang kokoh yang menopang bangunan Islam ala Ahlussunah wal Jamaah an Nahdliyah,” ujar Kukuh Faedlur Rohman, ketua Panitia SAKA.

Diselenggarakan di Pondok Pesantren Sirojul Ummah, Ngemplak Asem, Sleman, SAKA mengundang KH Bisri Adib Chattani sebagai penjabar “Mau Kemana Kaum Muda NU?”, tema yang diusung oleh SAKA. Menurut Gus Adib, kaum muda NU terlebih mahasiswa harus percaya diri dengan identitas Nahdliyin yang dibawa. Ada tiga syarat yang dipenuhi oleh intelektual aswaja yakni niat, cinta Nabi Muhammad SAW, dan sanad ilmu.

Menurut Gus Adib pula, pada lingkaran cakra manggilingan selanjutnya, generasi kali inilah yang akan menghadapi pergerakan dari Nahdlatul Ulama. Siklus yang diungkapkan oleh Gus Adib ini didasari pada kejadian yang terus terjadi pada rentang waktu yang sama dan sesuai dengan periode tantangan NU pada masanya. Arah kader dari KMNU harus siap untuk menghadapi tantangan masa depan itu dan siap untuk berjuang dan berkorban demi Nahdlatul Ulama.

Selama dua hari, 19 – 20 Desember 2015, peserta SAKA digodog dengan berbagai materi dan kegiatan yang menumbuhkan semangat dalam berkarya. Materi yang diberikan pun disesuaikan dengan sistem pengkaderan dari KMNU Nasional. Selain itu, pemateri yang dihadirkan merupakan tokoh-tokoh dari KMNU sendiri, baik dari Presidium Nasional, MPO hingga alumni. Harapannya memang untuk memberikan semangat kepada Kader Aswaja.

Di pondok yang didirikan oleh KH Muhammad bin Muhammad Jufri ini, peserta SAKA dikukuhkan menjadi Kader Aswaja yang siap menghijaukan kampus oleh Mazdan Maftukha Assyayuti, Ketua Tanfidziyah KMNU UII. Sesuai dengan amanah KH Handoyo, generasi kader aswaja harus memulai dari diri sendiri, dari sekarang, dan dari hal yang terkecil karena hal ini merupakan Saka Guru dari bangunan ideologis yang kuat.(Mzd)
Share on Google Plus

About Redaktur KMNU UII

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan beri komentar untuk postingan KMNU UII