KMNU sebagai Penggembleng Hard Skill dan Soft Skill yang Paripurna.

KMNU sebagai Penggembleng Hard Skill dan Soft Skill yang Paripurna
Ketika masuk dalam jenjang perguruan tinggi, tidak sedikit mahasiswa yang sudah mempunyai beberapa planningbesar dalam hidupnya yang ingin dicapai pada masa depan. Entah itu mengenai planning dalam diri (pengembangan kepribadian) atauplanning luar mengenai prestasi-prestasi yang ingin dicapai.
Namun, banyak di antara mahasiswa baru belum mengenal dan mengetahui bagaimana atau perantara apa yang akan dilakukan untuk berusaha mencapai cita-citanya awal tersebut. Tidak sedikit yang asal memilih organisasi ataupun unit kegiatan mahasiswa dengan anggapan untuk mencari pengalaman terlebih dahulu atau mencari link sebanyak-banyaknya. Alhasil tidak sedikit yang malah pada tengah perjalanan pribadi mahasiswa itu menjadi sebuah kebingungan dan kebimbangan. Kurang mengenalnya apa yang diikuti dan dimasuki justru bisa membuat terjerumus menjadi golongan-golongan yang tidak diharapkan di awal.
Banyak ketika mahasiswa awalnya hanya ikut-ikutan akhirnya menjadi fanatik. Awalnya menjadi pribadi muslim yang santun menjadi muslim yang kaku dan ekstrimis. Pada akhirnya, seorang mahasiswa yang notabene menjadi generasi penerus bangsa, pembangun dan penegak utuhnya NKRI, menjadi mahasiwa yang hilang tujuan awalnya dan kemudian menjadi penentang bangsa dan negera di garda terdepan. Melambung-lambungkan isu pengahancuran NKRI yang sudah menjadi kesepakatan final para pendiri bangsa dengan ideologi berbeda yang bahkan mahasiswa itu sendiri tidak memahaminya.
Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) yang ada di perguruan tinggi muncul sebagai wadah mahasiswa untuk mengembalikan khittah mahasiwa sebagai mana awal mahasiswa tersebut ada yakni sebagai penerus, penggerak, ilmuan muda, dan pengabdi kepada masyarakat. Disini mahasiswa bisa langsung menyalurkan ide, gagasan, tindakan langsung yang akan berdampak positif kepada masyarakat sekitar.
Banyak dari mahasiswa saat ini juga kehilangan esensi belajar. Mahasiswa pergi merantau ataupun kuliah kebanyakan hanya melakukan “kampus sentris” atau “studi sentris” banyak di lingkungan mahasiswa itu sendiri sering dilupakan. Banyak dari para pemilik kos, warga sekitar merasa kurang akrab bahkan tidak mengenal dengan mahasasiswa yang ada di sekitar perkampungan mereka. Mahasiswa pun merasa kurang penting untuk mengenal dan berbaur dalam masyarakat sekitar karena orientasi pikiran yang sudah berubah, mimpi dan pencapaian yang tinggi dan yang lain dilupakan.
Tradisi-tradisi yang ada dalam KMNU membuat mahasiswa menjadi jiwa yang seimbang. Rutinan yasin, tahlil, maulid dan pengabdian kepada warga sekitar menjadikan KMNU untuk mengenal dan memahami peran mahasiswa dalam masyarakat tanpa melupakan mimpi-mimpi dan capaian-capaian tinggi yang ingin di raih di kampus.
Seperti yang telah dicontohkan dulu oleh kyai-kyai sepuh NU yang mendirikan pondok pesantren yang memang hanya ingin mengabdikan hidup mereka untuk bangsa dan rakyat. Rakyat yang di sekitar itu dulunya mengalami zaman kurangnya ilmu sekarang menjadi tercerahkan dan menjadi kajian-kajian islam nusantara yang santun dan beradab.
Mari kita menjadi mahasiswa yang tidak melupakan esensi awal dari apa yang tersemat dalam status mahasiswa. Gembleng mental dan jiwa dengan cara yang santun dan benar. Sehingga ketika nanti menjadi mahasiswa yang berprestasi dengan semua pencapaian. Pencapaian itu didapat ketika kita memang sudah siap secara mental dan fisik.
Pada akhirnya dirimu nantinya akan bisa menjadi bunga yang tumbuh semerbak mewangi mengharumkan bangsa karena memang sistem sinergisitas akar, pohon dan ratingnya sudah siap dan kokoh untuk meumbuhkan bunga itu.
Kita boleh saja bermimpi, berangan-angan meraih cita-cita dan pencapaian setinggi langit di angkasa namun tetap pastikan kedua kakimu tetap menapak di bumi.
Semoga bermanfaat.(Muhammad Roid/elfaqir)
Share on Google Plus

About Redaktur KMNU UII

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan beri komentar untuk postingan KMNU UII